Gusi Berdarah Saat Sikat Gigi, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Anda pernah mengalami gusi berdarah saat sikat gigi? Jangan diabaikan, apalagi jika hal ini terjadi terus menerus. Bisa jadi hal tersebut merupakan tanda adanya masalah dengan gusi Anda. Segera lakukan pemeriksaan di dokter gigi terbaik Jakarta yang menyediakan layanan komprehensif untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut. Anda juga akan mendapatkan perawatan yang terbaik karena ditangani langsung oleh dokter-dokter spesialis terbaik di bidangnya.

Jika masalah ini dibiarkan berlarut, bisa berpotensi menjadi penyakit radang gusi dan berkembang menjadi masalah serius. Sebagian dari kita mungkin berpikir bahwa gusi berdarah ini wajar karena sikat gigi yang terlalu kencang, padahal bukan karena itu saja, lho. Dalam banyak kasus, gusi bengkak dan berdarah adalah tanda penyakit gusi. Ada beberapa penyebab gusi berdarah yang harus Anda ketahui.

Penyebab Gusi Berdarah

Gusi Berdarah Saat Sikat Gigi, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

  1. Karang Gigi

Plak atau sisa makanan yang menumpuk lama kelamaan akan menjadi mengeras dan menjadi karang gigi. Akibatnya, bakteri akan berkembang dan tumbuh di gusi yang nantinya bisa menyerang gusi dan menyebabkan pembengkakan. Jika sudah begini, gusi akan melemah dan dapat mengeluarkan darah ketika Anda menyikat gigi atau bahkan saat makan. Kunjungilah dokter gigi dan lakukan scaling minimal enam bulan sekali.


  1. Kebersihan Gigi dan Mulut

Jangan salah, faktor utama penyebab gusi berdarah adalah kebersihan gigi dan mulut. Kebiasaan menyikat gigi yang tidak rutin dan tidak dilakukan dengan benar, bisa berujung pada radang gusi, kondisi ini disebut gingivitis. Gejala awal kondisi gingivitis ini adalah pendarahan pada gusi. Biasakan rutin menyikat gigi dua kali sehari, saat pagi dan malam hari sebelum tidur.

 

  1. Tembakau

Kebiasaan merokok juga bisa menjadi penyebab gusi berdarah. Kandungan tembakau pada rokok mengakibatkan gusi tidak berfungsi secara normal dan juga meningkatkan gingivitis. Selain itu, rokok juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh Anda melemah. Hal ini membuat tubuh menjadi sulit melawan infeksi gusi. Merokok juga membuat gusi lebih sulit sembuh. Parahnya, bisa membuat gigi Anda tanggal!


  1. Defisiensi Vitamin C dan K

Kekurangan vitamin C dalam jumlah besar bisa berpengaruh pada gusi Anda, meski tidak umum, tetapi hal ini bisa menjadi penyebab gusi Anda berdarah. Vitamin C memiliki fungsi mempercepat pertumbuhan luka dan memperkuat tulang. Sedangkan, vitamin K berperan penting dalam proses pembekuan darah. Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C dan K.


  1. Periodontitis

Radang gusi atau gingivitis yang tidak segera ditangani bisa meningkat menjadi periodontitis, yaitu infeksi dan peradangan gusi yang merusak jaringan lunak dan penyangga gigi. Tak hanya berdarah, tanda lainnya adalah gusi berwarna merah, meradang, dan bengkak.


Cara Mengatasinya

Saat gusi Anda berdarah, ada dua hal yang bisa dilakukan untuk meredakan darahnya:

  1. Berkumur dengan air garam. Salah satu cara ini sudah lama dipercaya oleh masyarakat untuk mengatasi gusi berdarah. Sifat anti-inflamasi dan antiseptik pada garam mampu meredakan pembengkakan dan infeksi yang menyebabkan gusi berdarah.
  2. Berkumur dengan obat kumur antiseptik, untuk membasmi kuman dan bakteri. Pastikan untuk menghindari obat kumur yang mengandung alkohol, ya.
  3. Konsumsi air lemon. Pada beberapa kasus, gusi berdarah disebabkan karena kekurangan vitamin C. Mengkonsumsi air lemon bisa menjadi penyedia vitamin C yang dibutuhkan tubuh, sekaligus membasmi kuman dan bakteri yang ada di mulut.
  4. Kompres bagian gusi yang berdarah dengan batu es yang dibalut oleh kain kassa untuk mengurangi pendarahan dan pembengkakan gusi.

Nah, itulah beberapa penyebab yang bisa membuat gusi berdarah. Sering-seringlah memperhatikan kondisi gigi dan mulut Anda, ya. Jika semakin parah dan disertai dengan rasa sakit yang menyebabkan sulit makan, segera konsultasikan ke dokter gigi terbaik!