5 Tempat Wisata Pada Indonesia Yg Cocok Buat Destinasi Liburan Akhir Pekan

Liburan adalah galat satu cara paling jitu buat melepas stres dampak rutinitas & pekerjaan yg menjemukan. Tidak perlu melancong ke luar negeri atau menghabiskan uang di pusat-pusat perbelanjaan mahal, karena Indonesia pula punya poly sekali loka menarik yang menunggu buat segera Anda jelajahi. Dari mulai wisata bahari & pantai, pegunungan, danau, hutan, & masih poly lagi yang lainnya, semua bisa dengan gampang ditemukan di Negeri Zamrud Khatulistiwa ini. Nah, dari Sabang sampai Merauke, terdapat daftar tempat wisata yang cocok dijadikan tujuan berlibur bersama keluarga, antara lain:

Mari kita mulai penjelajahan menurut ujung paling barat Indonesia, Sabang. Di sini ada poly loka wisata menarik yang harus Anda kunjungi, salahsatunya merupakan Pantai Sumurtiga yang terletak pada Kota Sabang, Provinsi DI Aceh. Pantai berpasir putih ini memiliki garis pantai yang panjang menggunakan air lautnya yang berwarna biru belia, lengkap dengan pepohonan kelapa yg tersebar pada sepanjang bibir pantai. Tak heran jikalau banyak orang menyebut Pantai Sumurtiga sebagai Hawaii-nya Sabang. Selain berselancar & menikmati keindahan bawah bahari menggunakan ber-snorkeling ria, Anda pula bisa menginap di cottage yg poly masih ada pada kurang lebih pantai. Asyik sekali, bukan?


Danau Toba – Sumatera Utara

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan loka wisata yg satu ini, bukan? Ya, keindahan Danau Toba menggunakan Pulau Samosir di tengahnya memang berhasil menarik perhatian wisatawan, tidak hanya lokal, tapi juga internasional. Danau Toba sendiri adalah sebuah danau super besar yg terbentuk akibat berdasarkan aktivitas gunung berapi. Danau ini memiliki panjang 100 km & lebar 30 km & diklaim-sebut menjadi danau vulkanik terindah yang dimiliki Indonesia. Tidak hanya wisata danaunya yg menarik, pada sini pengunjung juga mampu menjelajah kawasan hutan pinus pada sekitar danau, menikmati pemandian air hangat, dan bermain-main di lebih kurang air terjun. Sudah? Tunggu dulu, di Pulau Samosir terdapat dua desa wisata yang jua tidak luput berdasarkan perhatian wisatawan, yakni Tomok & Tuktuk. Di Tomok, Anda sanggup mengunjungi makam Raja Sidabutar, Museum Batak, dan melihat pertunjukan boneka Sigale-gale. Mau bermalam pada sini? Ada banyak penginapan murah di Tuktuk yang sanggup Anda jadikan referensi. Lengkap sekali, bukan?


Ngarai Sianok – Bukit tinggi

Ngarai Sianok – Bukit tinggi

apabila sudah puas menjelajah tanah Sumatera Utara, kinigiliran Anda buat melangkahkan kaki ke Sumatera Barat, tepatnya pada Kota Bukittinggi. Ya, kota menggunakan relief alam berbukit-bukit ini memang memiliki poly loka wisata anggun yg sayang buat dilewatkan, salahsatunya adalah Ngarai Sianok. Bagi yg belum memahami, Ngarai Sianok adalah sebuah lembah sempit dengan bukit-bukit bertebing curam di sekelilingnya. Di tengah lembah ini mengalirlah sungai miniyang membuat pemandangan semakin menakjubkan. Di sini, selain bersepeda, trekking, atau berjalan-jalan ringan, Anda jua sanggup berdiam diri menikmati kenyamanan yg ditawarkan Ngarai Sianok. Karena suasananya yang menenangkan itulah loka wisata ini pula disebut Lembah Pendiam. Jika punya kesempatan menjelajah Bukittinggi, jangan lupa mampir ke sini, ya!

Pernah membayangkan tidak bagaimana cita rasanya surfing di sungai? Ya, selama ini kita memang mengenal surfing alias berselancar menjadi olahraga air yang hanya bisa dilakukan pada pantai dengan ombak yg besar . Kalau Anda main ke Riau, seluruh teori pada atas akan dengan mudah terbantahkan. Pasalnya, pada Riau terdapat satu tempat wisata yang sangat pas dijadikan arena berselancar bersama sahabat-sahabat, yakni Sungai Kampar. Terkenal dengan ombak Bono-nya yg bisa mencapai tinggi 6 meter, sungai yg terletak pada Teluk Meranti, Kabupaten Palalawan, Riau, ini merupakan destinasi yg cocok buat memuaskan harapan berselancar Anda. Banyak peselancar mancanegara yang rela jauh-jauh tiba ke Riau demi mampu menaklukkan ombak sungai yg terletak persis pada garis ekuator ini. Bagaimana, tertarik menguji adrenalin di sini?

Selama ini, 2 candi yg paling banyak dikenal pada Indonesia adalah Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Tetapi tahukah Anda, bahwa di tanah Jambi juga masih ada sebuah kompleks candi Hindu-Budha terbesar di Indonesia? Ya, Candi Muaro Jambi namanya. Tempat wisata bersejarah ini adalah gugusan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu dan diperkirakan telah terdapat sejak abad 11 Masehi. Tempatnya yang menarik & kaya akan nilai sejarah membuat Candi Muaro Jambi diresmikan menjadi Kawasan Wisata Sejarah Terpadu (KWST) pada 2012 silam sang mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tidak hanya wisatawan domestik, beberapa tahun belakangan wisatawan asing pun mulai berdatangan demi bisa menyaksikan eksklusif tempat yg dulunya pernah dijadikan menjadi keliru satu sentra loka peribadahan kepercayaanBudha Tantri Mahayana pada negeri ini.


Fort Marlborough – Bengkulu

Fort Marlborough – Bengkulu

apabila kebetulan Anda sedang berada pada Bengkulu & menyenangi tempat wisata bernuansa sejarah, cobalah berkunjung ke Benteng Fort Marlborough, yg terletak di Teluk Segara, Kebun Keling, Bengkulu. Sedikit keterangan, bangunan ini adalah benteng peninggalan Inggris dan dibangun sang EIC (East India Company) pada tahun 1713. Tujuan awal pembangunan benteng ini merupakan menjadi titik pertahanan Inggris dari serangan musuh. Menurut cerita, Benteng Fort Marlborough adalah benteng terkuat kedua di wilayah Timur yg pernah dibangun Inggris. Setelah berpindah tangan berdasarkan pemerintah Inggris ke Belanda, Belanda ke Jepang, Jepang ke Indonesia, sampai pulang diduduki sang Belanda, benteng ini pun akhirnya resmi dikelola oleh Depdikbud setempat buat dipugar dan dijadikan sebagai cagar budaya. apabila berniat ke sini, datanglah antara pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore, karena loka wisata ini hanya dibuka buat generik dalam jam-jam tersebut.


Museum Sultan Mahmud Badaruddin – Palembang

Museum Sultan Mahmud Badaruddin – Palembang

Selain terkenal dengan pempek kapal selamnya yang lezat, Palembang pula memiliki banyak loka wisata menarik buat dikunjungi, galat satunya adalah Museum Sultan Mahmud Badaruddin. Tempat wisata bersejarah ini berlokasi pada dekat tempat wisata Benteng Kuto Besak. Museum yang terdiri menurut 2 lantai ini merupakan bangunan tua peninggalan Belanda. Di sini, Anda bisa menjumpai majemuk koleksi benda unik berdasarkan aneka macam cabang ilmu, mulai dari arkeologi, biologi, etnografi, seni rupa, keramikologi, sampai numismatika yg hingga kinimasih terawat menggunakan baik. Tidak hanya itu saja, Anda pun sanggup melihat-lihat koleksi uang antik, pakaian tata cara, model tempat tinggallimas, kain songket, indera musik, dan lain sebagainya. Tempat wisata ini sendiri dibuka muali pukul 08.00 pagi hingga 16.00 sore.


Pantai Parai Tenggiri – Bangka Belitung

Pantai Parai Tenggiri – Bangka Belitung

Anda tentu telah pernah menyaksikan film fenomenal Laskar Pelangi yg berlatar pada Pulau Belitong, bukan? Selain alur cerita, apa yg menarik menurut film itu? Ya, tentu saja lokasi pengambilan gambarnya. Di Belitung (orang setempat biasa menyebutnya Belitong) memang poly terdapat pantai manis menggunakan batu-batu sebesar rumah yang tersebar di bibir pantai, keliru satunya adalah Pantai Parai Tenggiri. Berbeda menggunakan pantai lain pada umumnya, Parai Tenggiri memiiki struktur pantai yang landai menggunakan air laut berwarna hijau toska serta pasir putihnya yg lembut. Tidak hanya itu, ombak pantai yang damai jua menjadi alasan wisatawan yang bahagia dengan kegiatan berenang. Selain berenang, Anda juga sanggup memancing, parasailing, menyelam, snorkeling, & masih poly lagi yang lainnya. Ayo, liburan ke Bangka Belitung!