19 Tempat Wisata Jogja Paling Populer (2022)

Setiap tahun, jutaan orang wisata ke Jogja buat melihat Candi Borobudur dan Prambanan. Tak heran jika keduanya (masih) memuncaki daftar ini.

Sudah berapa kali kamu wisata ke Jogja? Jutaan orang ke Jogja setiap tahun. Pertama, pengen lihat Candi Borobudur dan Prambanan. Lho, kamu belum pernah ke sana? Ya, gak papa juga sih. Mungkin engkaulebih sukahal-hal yg sederhana. Misalnya saja sarapan gudeg yg legit dan anggun. Menikmati senja di Pantai Parangtritis. Duduk pada bangku pedestrian Malioboro yang romantis. Dengerin musisi jalanan yang entah kenapa suaranya bikin melow. "Pulang ke kotamu, ada setangkup haru pada rindu..."

Ups, tanpa sadar kamu tersebut nyanyi pada hati. Gak papa, lanjutin aja. Toh, akhir pekan ini engkaulibur. Jadi, kamu mampu pribadi cus ke Jogja. Berangkat Jumat sore, malamnya telah sampai Jogja.

Coba bayangkan. Hari Sabtu & Minggu, engkaubisa kalem-kalem pada pantai. Biarkan air laut yg bening membelai. Rasanya damaaaaaai. Kamu jua sanggup menyusuri sungai bawah tanah dan wisata seru lainnya. Menjelajahi sudut-sudut kota Jogja yang kaya bangunan cagar budaya. Mengunjungi masa kemudian pada Museum Ullen Sentalu. Menemukan semangat baru berdasarkan ratusan loka wisata di Jogja.

Bayangkan jua suasana akrab di angkringan. Hangatnya teh jahe berpadu dengan aroma arang yg membara. Benarlah istilah seseorang penyair, "Yogya terbuat dari rindu, pulang, & angkringan."

Lalu kamu sadar bahwa rasa kangen ini, rindu ini, begitu konkret. Jogja merupakan kampung halamanmu pula. Kampung page yang sedang memanggilmu buat pulang.

Berikut ini 19 wisata Jogja & sekitarnya yang paling populer.

Tempat Wisata Jogja Paling Populer

Tempat Wisata Jogja Paling Populer


1. Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar pada dunia. Dibangun pada abad ke-9, Candi Borobudur kinimenjadi magnet yang bisa menarik jutaan wisatawan setiap tahun. Temukan berita menarik, sejarah, dan gambar Candi Borobudur di sini. 


2. Candi Prambanan

Candi Prambanan dibangun dalam abad ke-9. Menjulang setinggi 47 meter dengan ornamen yg rupawan, kecantikan candi Hindu ini tak tertandingi. Candi Prambanan terletak 17 km ke arah timur berdasarkan pusat Kota Jogja & mampu dijangkau dengan bus Trans Jogja. 


3. Malioboro

Malioboro merupakan jantung Kota Jogja. Tak heran apabila poly penginapan murah dekat Malioboro, meskipun sekarang banyak hotel berbintang. 


4. HeHa Sky View

HeHa Sky View sangat terkenal & mampu dijangkau dalam 30 mnt saja dari Kota Jogja. HeHa Sky View berisi loka selfie, food stall, dan resto. Tempatnya sangat instagramable, poly spot foto keren dengan pemandangan langit & Kota Jogja dari ketinggian.


5. HeHa Ocean View

HeHa Ocean View merupakan tempat wisata kekinian yg sangat populer menggunakan poly spot foto keren berlatar belakang bahari. HeHa Ocean View sanggup dijangkau dalam 1,5 jam berdasarkan Kota Jogja. 


6. Tugu Jogja

Tugu Jogja memendam makna filosofis tentang semangat perlawanan atas penjajahan dan kinimenjadi landmark yang sangat lekat menggunakan Kota Jogja. Ada juga tradisi memeluk atau mencium tugu ini ketika lulus kuliah.


7. Obelix Hills

Obelix Hills merupakan tempat wisata kekinian dengan pemandangan sunset dari ketinggian, resto, dan 30 spot foto. Obelix Hills sanggup dijangkau dalam 1 jam berdasarkan Kota Jogja.


8. Taman Sari

Gemercik air, estetika arsitekturnya yang kuno, & pemandangan yang menakjubkan membuat Taman Sari sangat mempesona. Lorong-lorong dan bangunannya mengakibatkan Taman Sari penuh rahasia yang akan terus dikuak.


9. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis hanya 27 km berdasarkan sentra Kota Jogja dan terkenal memiliki pemandangan sunset yg romantis. Naik bendi menyusuri Pantai Parangtritis sore hari akan sebagai kenangan yang manis.


10. Tebing Breksi

Kehilangan fungsi sebagai loka menambang batuan kapur, menciptakan daerah Tebing Breksi pada Sambirejo, Prambanan, malah ramai didatangi pengunjung segala umur. Siapa sangka, loka yang dulunya tidak banyak diincar, kinimenjadi loka wisata unik.


11. Gunung Merapi

Menikmati matahari terbit berdasarkan gunung barah paling aktif di negeri ini, dan menengok langsung kaldera Merapi yang selalu bergolak sebagai pengalaman harus seumur hayati.


12. Pantai Indrayanti

Selain memperlihatkan pesona pantai berpasir putih dengan air bahari yg jernih, Indrayanti juga memberikan sensasi dinner romantis bertabur bintang pada restoran yang terletak di tepi pantai. 


13. Bukit Bintang

Sebagai keliru satu tempat menggunakan lanskap senja dan malam yg mempesona, Bukit Bintang sebagai tempat favorit bagi banyak kaum muda di Jogja. Terletak di tepi Jalan Jogja-Wonosari, Bukit Bintang begitu gampang didatangi. Pemandangan Kota Yogyakarta berlatar Gunung Merapi dan Merbabu tersaji pada depan mata. Anda mampu duduk pada kursi beton pada atas tebing atau di warung-warung yang menyediakan kopi & jagung bakar sembari menunggu matahari karam. Ketika langit semakin gelap, bintang pada langit luas dan kerlip lampu bagai lautan bintang mengakibatkan tempat ini begitu romantis.


14. Alun-alun Kidul

Saat malam, Alun-alun Kidul yg terletak pada belakang Kraton Yogyakarta dipenuhi rakyat yg mencari hiburan murah. Kerlap-kerlip lampu menurut odong-odong yg mengelilingi alun-alun menambah kemeriahan.


15. Kaliurang

Kawasan Wisata Kaliurang yang terletak di Pakem adalah tujuan wisata favorit sejak zaman Belanda sampai sekarang. Tak heran bila mudah menemukan bangunan berasitektur indische meskipun loka-loka wisata baru terus bermunculan di Kaliurang.


16. Candi Mendut

Candi Mendut adalah Candi Buddha yg dibangun oleh Raja Indra berdasarkan Wangsa Syailendra. Relung Candi Mendut sebagai singgasana buat arca Buddha ukuran besar .


17. Pantai Drini

Sebuah pulau karang pada bibir pantai membelah Pantai Drini menjadi dua bagian dengan karakter bertolak belakang. Sisi Timur yang damai & bagian Barat yg garang, menciptakan Pantai Drini sebagai sebuah pantai berkarakter ganda.


18. Candi Abang

Candi Abang merupakan salahsatu situs candi peninggalan Hindu di Jogja yg dibangun kurang lebih abad ke-9 dan ke-10. Dinamakan Candi Abang lantaran tidak sinkron menggunakan situs candi dalam umumnya yg merupakan bangunan menurut susunan batu-batu berwarna hitam dan berukir, bangunan Candi Abang disusun oleh batu bata merah (abang pada bahasa Jawa). Situs candi yang diperkirakan berbentuk piramida menggunakan sumur pada bagian tengahnya ini jua dikenal sebagai Bukit Teletubies pada kalangan wisatawan lantaran keseluruhan bangunan candi terkubur oleh tanah dan tertutup rumput hijau sebagai akibatnya menyerupai bukit dalam serial anak-anak tersebut.


19. Jogja Bay Waterpark

Meskipun berlokasi di pinggir kota, Jogja Bay adalah wisata air terbesar pada Indonesia. Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark mengusung tema bajak bahari. Terdapat berbagai macam wahana petualangan air yang menarik pada dalamnya. Beberapa wahana yg menantang misalnya Volcano Coaster, Bekti Adventure, dan Memo Racer menggunakan ketinggian menara sekitar 26 meter bisa menguji nyali. Selain sarana air yg lengkap, terdapat restoran-restoran bagi pengunjung buat mengisi perut sehabis puas bermain air.