Kelebihan Software Defined WAN Dibanding Traditional WAN! Kamu Wajib Tahu!

Sebagai seseorang yang ingin membangun sebuah jaringan dengan jarak yang cukup jauh, kamu pasti membutuhkan yang namanya WAN. Dalam hal ini, WAN yang biasanya kamu gunakan adalah traditional WAN. Selain traditional WAN, sebenarnya saat ini sudah terdapat teknologi yang lebih canggih bernama SD WAN

Kelebihan Software Defined WAN Dibanding Traditional WAN! Kamu Wajib Tahu!

Kelebihan Software Defined WAN Dibanding Traditional WAN


Lalu, apa saja kelebihan dari Software Defined WAN ini? Berikut pembahasannya!

1. Memiliki Lebih Dari Satu Tautan Jaringan

Kelebihan Software Defined WAN yang pertama adalah memiliki lebih dari satu jaringan yang tertaut pada perangkat. Pada Traditional WAN, kamu hanya bisa menggunakan satu jaringan saja. Hal itu membuat jaringan tersebut akan sangat riskan dan mudah mengalami down. Sehingga jaringan tersebut akan terputus dan tidak bisa kamu gunakan untuk bertukar data.

Berbeda dengan penggunaan Software Defined WAN. Pada Software Defined WAN, kamu bisa menggabungkan beberapa jaringan baik yang berupa jaringan publik maupun private. Hal ini akan membuat Software Defined WAN mampu menghilangkan titik kegagalan pada suatu jaringan. Dengan begitu, ketika satu jaringan mengalami kegagalan, maka jaringan yang lain akan tetap aman.


2. Dukungan Layanan Cloud

Kelebihan Software Defined WAN yang berikutnya adalah dukungan layanan cloud. Hal ini jelas terasa berbeda apabila pada traditional WAN. Pada traditional WAN, penggunaan router konvensional tidak bisa mendukung layanan cloud seperti ini. Maka dari itu, kamu masih perlu menambahkan beberapa perangkat tambahan agar bisa terhubung dengan cloud.

Nah, pada Software Defined WAN ini, hal semacam itu sudah tidak perlu kamu lakukan lagi. Dengan menggunakan Software Defined WAN, kamu bisa langsung menghubungkan jaringan mu dengan cloud sehingga kamu bisa mengirim maupun membaca data melalui cloud.


3. Pengimplementasian yang Lebih Mudah

Kelebihan Software Defined WAN yang berikutnya adalah proses implementasi yang lebih mudah. Pada traditional WAN, kamu bisa merasakan bagaimana rumitnya proses yang harus kamu lakukan ketika ingin menambahkan suatu jaringan baru. Kamu harus memperkirakan berbagai aspek yang sangat rumit saat ingin membangun atau menambahkan jaringan baru.

Dengan menggunakan Software Defined WAN, kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan berbagai permasalahan tersebut. Dengan kecanggihan teknologinya, Software Defined WAN bisa kamu andalkan dalam pembuatan jaringan baru secara cepat dan aman. Kamu juga bisa mengatur ISP mana yang ingin kamu gunakan dalam pembuatan jaringan baru tersebut.


4. Kinerja dan Produktivitas Akan Meningkat

Kelebihan Software Defined WAN yang berikutnya adalah mampu meningkatkan kinerja dan juga produktivitas perusahaan kamu. Ketika kamu menggunakan traditional WAN, segala proses rumit dan juga ketidaklengkapan fiturnya membuat kinerja dan produktivitas perusahaan menjadi sangat terhambat.

Berbeda halnya dengan penggunaan Software Defined WAN. Ketika kamu menggunakan Software Defined WAN, kamu bisa merasakan berbagai kemudahan dalam seluruh proses yang berkaitan dengan jaringan. Kemudahan ini tentunya akan meningkatkan kinerja dan juga produktivitas dari perusahaan.


Itulah Kelebihan Software Defined WAN Dibanding Traditional WAN

Setelah mengetahui beberapa kelebihannya, tentunya kamu sudah mengetahui pentingnya untuk segera beralih menggunakan Software Defined WAN ini. Maka dari itu, langsung saja terapkan Software Defined WAN pada jaringan mu agar kamu bisa merasakan seluruh keunggulannya!